Rakernas Kemendag, Jokowi mau program bangga buatan Indonesia digaungkan

Menurut Presiden Jokowi, populasi 270 jiwa semestinya menjadi konsumen loyal produk dalam negeri.

Presiden Joko Widodo (Kiri) memberikan sambutan saat Rakernas Kemendag di Istana Negara, Jakarta, Kamis (4/3/2021). Dokumentasi Setpres/Lukas

Pesiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sejumlah arahan saat membuka Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan (Rakernas Kemendag) 2021 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (4/3). Memiliki kebijakan dan strategi mengembangkan pasar produk nasional dan pengelolaan perdagangan digital secara baik, salah satunya.

"Misalnya, dengan mendukung program bangga buatan Indonesia. Pusat perbelanjaan, mal di Jakarta sampai ke daerah harus didorong untuk memberikan ruang bagi produk-produk Indonesia, khususnya UMKM," katanya, beberapa saat lalu.

"Jangan sampai ruang depan, lokasi-lokasi strategis, justru diisi oleh brand dari luar negeri. Ini harus mulai digeser. Mereka digeser ke tempat yang tidak strategis. Tempat yang strategis, lokasi yang baik, berikan ruang untuk brand lokal," sambungnya.

Menurut Jokowi, penjenamaan (branding) harus melekat agar masyarakat lebih mencintai produk dalam negeri daripada barang impor. Dengan populasi lebih dari 270 juta, mestinya menjadi konsumen paling loyal.

“Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan," mantan Gubernur DKI Jakarta ini.