Jokowi minta perbankan ikut kawal kebijakan hilirisasi

Jokowi meminta Indonesia tak takut digugat negara lain di Organisasi Perdagangan Dunia.

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait kebijakan pelarangan ekspor bijih bauksit, Rabu (21/12/2022). YouTube/Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perbankan ikut mengawal kebijakan hilirisasi industri komoditas bahan mentah di dalam negeri yang dilakukan pemerintah. Jokowi menilai, hilirisasi menjadi kunci untuk membawa Indonesia melompat menjadi negara maju.

"Saya mau juga titip agar (kebijakan hilirisasi) ini dikawal. Bank-bank itu mengawal ini. Caranya? Kalau ada orang yang mengajukan kredit untuk bikin smelter, diberi," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam Mandiri Investment Forum di Jakarta, Rabu (1/2).

Disampaikan Jokowi, pihak perbankan diharapkan tidak mempersulit pemberian kredit usaha yang mendukung upaya hilirisasi. Pasalnya, kata Jokowi, hal ini memberikan keuntungan yang jelas bagi negara, serta pemberi kredit.

"Apalagi orang kita sendiri, jangan dipersulit. Jelas, untungnya jelas, untuk negara jelas, untuk perusahaan juga jelas. Apa yang harus kita tanyakan lagi," ujarnya.

Jokowi menuturkan, hilirisasi industri mendatangkan nilai tambah yang sangat besar bagi Indonesia. Ia mencontohkan, hilirisasi komoditas nikel memberikan nilai tambah hingga 30 kali lipat.