Jumlah penumpang anjlok selama Nataru, Menhub: Memang kita kehendaki

Terjadi penurunan jumlah penumpang angkutan di semua moda transportasi.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (tengah), mengecek kesiapan di Bandara Kertajati, Majalengka, Jabar, Minggu (1/3/2020). Foto Antara/Dedhez Anggara.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi menutup Pos Koordinasi (Posko) Tingkat Nasional Angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Pada kesempatan tersebut, Menhub menyampaikan hasil pemantauan penyelenggaraan Angkutan Nataru dari 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

“Pada tahun ini terjadi penurunan jumlah penumpang angkutan di semua moda transportasi. Hal ini memang secara sistematis kita kehendaki," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (5/1).

Dia menjelaskan, penurunan jumlah penumpang pada libur Nataru tahun ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan penerapan protokol kesehatan ketat untuk mengurangi lonjakan kasus positif Covid-19.

"Pada satu sisi memang banyak masyarakat yang tidak bepergian dan pulang ke kampung, dan kami juga sudah sampaikan imbauan kepada masyarkat untuk tetap di rumah," ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Posko Nataru dari 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021, terjadi penurunan jumlah penumpang dibanding penyelenggaraan angkutan Nataru tahun lalu pada periode yang sama.