Kabinet baru Jokowi diproyeksi dorong IHSG

Pelaku pasar masih menyenangi sosok Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk masuk ke dalam kabinet baru Jokowi-Ma'ruf Amin.

Pemilihan kabinet baru di pemerintahan Presiden Joko Widodo periode ke-2 diprediksi bisa menjadi katalis positif bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)./ Antara Foto

Pemilihan kabinet baru di pemerintahan Presiden Joko Widodo periode ke-2 diprediksi bisa menjadi katalis positif bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Head of Investment Research Infovesta Saran Mandiri, Wawan Hendrayana, mengatakan pasar akan sangat fokus pada kabinet yang menggawangi perekonomian dan keuangan.

"Ekspektasi pasar di bidang ekonomi diisi oleh profesional, karena boleh dibilang pasar memandang tahun depan ini, dari Bank Dunia pun juga mewanti-wanti, akan ada kekhawatiran resesi di global, yang bisa berimbas ke Indonesia juga," kata Wawan ditemui di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (10/11).

Pelaku pasar pun berharap, tim ekonomi kabinet baru Jokowi-Ma'ruf Amin bisa meredam efek resesi dengan kebijakan-kebijakan yang diambil.

Wawan memandang, salah satu cara tim ekonomi Jokowi untuk menggerakkan ekonomi adalah dengan fokus menggerakkan infrastruktur. Salah satunya adalah dengan memutuskan memindahkan ibu kota yang akan membawa perputaran uang yang relatif besar di situ.