Kadin dukung arahan Jokowi hadapi tantangan 2023

Pesan Jokowi memberikan rasa optimisme terhadap kesiapan Indonesia menghadapi ancaman krisis ekonomi global.

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sarman Simanjorang menilai, arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Koordinasi (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seluruh Indonesia pada Selasa (17/1) sangat inspiratif. Menurutnya, pesan Jokowi memberikan rasa optimisme terhadap kesiapan Indonesia menghadapi ancaman krisis ekonomi global di tahun ini.

“Arahan Presiden meminta seluruh kepala daerah dan forkopimda untuk menyikapi ancaman krisis ekonomi global dengan mengendalikan inflasi. Pengendalian tersebut harus dilakukan dengan operasi pasar secara langsung dan rutin, bukan sekadar menerima laporan dari staf,” kata Sarman dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (18/1).

Operasi pasar dilakukan untuk memastikan harga komoditas pangan, seperti beras, telur, tomat, daging agar tetap stabil dan terjangkau. Dengan demikian, daya beli masyarakat tetap terjaga. 

Selain itu, Jokowi meminta agar tarif yang menjadi kewenangan daerah, seperti tarif PAM dan angkutan tidak membebani masyarakat.

“Semuanya ini agar inflasi dapat terkendali, baik tingkat nasional maupun daerah. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Bank Indonesia (BI) juga menurut Presiden, agar aktif memberikan informasi dan data ke para kepala daerah, sehingga bisa mengambil langkah yang akan diperbuat untuk mengendalikan inflasi,” ujarnya.