Kartika jadi Wamen BUMN, Bank Mandiri angkat Dirut sementara

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menunjuk Wakil Direktur Utama Sulaiman Arif Arianto untuk mengisi posisi Dirut yang kosong.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menunjuk Wakil Direktur Utama Sulaiman Arif Arianto untuk mengisi posisi Dirut yang kosong. / Perseroan

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menunjuk Wakil Direktur Utama Sulaiman Arif Arianto untuk mengisi posisi Dirut yang kosong. Dia menggantikan Kartika Wirjoatmodjo yang mundur lantaran diangkat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi, mengatakan Sulaiman akan menjadi bos Bank Mandiri hingga Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) digelar Bank Mandiri. 

"Kan kita punya wakil dirut, pak Sulaiman. Secara otomatis pak Sulaiman yang akan menggantikan (Kartika)," kata Hery usai paparan kinerja kuartal III-2019 Bank Mandiri di Jakarta, Senin (28/10). 

Hery melanjutkan, berdasarkan peraturan yang ada, Sulaiman akan menjabat sebagai bos Bank Mandiri hingga perseroan melaksanakan RUPSLB paling lambat 90 hari sejak penunjukan Kartika sebagai Wakil Menteri BUMN. 

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo melantik 12 wakil menteri pada 25 Oktober lalu. Salah satunya adalah Kartika Wirjoatmodjo, yang ditunjuk untuk mendampingi menteri Erick Thohir. Dengan demikian, RUPSLB Bank Mandiri harus dilakukan paling lambat tanggal 23 Januari 2020.