Kemenhub: Trayek tol laut berpotensi jadi komersial

Kemenhub menyatakan trayek tol laut berpotensi menjadi komersial, karena banyaknya kapal berjadwal yang melintas di kawasan tersebut.

Kemenhub menyatakan trayek tol laut berpotensi menjadi komersial, karena banyaknya kapal berjadwal yang melintas di kawasan tersebut. / Antara Foto

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan sejumlah trayek tol laut berpotensi menjadi komersial setelah angkutan laut barang berjadwal beroperasi pada lintas tersebut.

“Ada beberapa daerah yang bisa jadi komersial karena kapal-kapal sudah beroperasi di jalur tol laut itu. Lama-kelamaan, banyak yang tertarik untuk jadi beroperasi komersial,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat rapat kerja Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, di Jakarta, Senin (8/4).

Menurut Budi, peran tol laut sangat strategis dalam menekan disparitas harga bahan pokok di Indonesia bagian barat dan timur. Namun, lanjut dia, agar berkelanjutan tidak bisa seterusnya diberikan subsidi dan didorong untuk menjadi komersial.

“Contoh daerah yang dilintasi tol laut dan berpotensi menjadi komersial adalah di Dobo dan Saumlaki, Maluku,” kata dia.

Budi menegaskan, tol laut harus bisa bermanfaat bagi masyakarat. Bahkan, kalau perlu bisa membantu para nelayan untuk mengumpulkan ikan dan para pedagang untuk mendistribusikan hasil dagangnya.