Kemenperin beri Penghargaan RINTEK 2021 kepada 16 perusahaan

Pemberian pengargaan diharapkan memacu sektor industri terus berinovasi agar produktivitas meningkat dan daya saing membaik.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, saat memberikan sambutan dalam penyerahan Penghargaan RINTEK 2021 di Jakarta, Rabu (1/12/2021). Dokumentasi Kemenperin

Sebanyak 16 perusahaan menerima Penghargaan Rintisan Teknologi Industrik (Rintek) 2021 guna memacu sektor ini terus berinovasi dalam rangka meningkatkan produktivitas dan daya saing.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyatakan, industri nasional harus menciptakan teknologi baru pada era perdagangan bebas agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan kompetitif hingga kancah internasional. 

Dirinya mendorong demikian karena meyakini penciptaan dan pemanfaatan teknologi industri baru secara mandiri menjadi salah satu upaya mendorong peningkatan daya saing industri nasional.

"Upaya tersebut merupakan salah satu wujud nyata dari implementasi program prioritas pada Peta Jalan Making Indonesia 4.0, di mana aspirasi besarnya adalah menjadikan Indonesia masuk dalam jajaran 10 negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2030," ujarnya dalam acara, Rabu (1/12).

Pemerintah, klaimnya, juga terus berupaya menciptakan industri nasional yang berdaya saing melalui berbagai instrumen, seperti kebijakan dan pemberian fiskal ataupun nonfiskal. Terlebih lagi, sektor industri manufaktur selama ini konsisten memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional.