Kunker ke Jepang, Komisi VII DPR akan cek kereta bekas incaran KCI

"Kebetulan agendanya pas lagi ke Jepang, ya, sekalian aja melihat kereta bekas itu."

Komisi VII DPR akan mengecek kereta bekas incaran PT KCI untuk menggantikan unit KRL Jabodetabek saat kunker ke Jepang. Dokumentasi PT KCI

Komisi VII DPR melakukan kunjungan kerja ke Jepang, Senin (6/3). Salah satu agendanya adalah mengecek kondisi riil kereta bekas Jepang yang mau diimpor PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk operasional kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek.

"Kebetulan agendanya pas lagi ke Jepang, ya, sekalian aja melihat kereta bekas itu," ucap Wakil Komisi VII DPR, Bambang Haryadi, beberapa saat lalu. Mulanya, tujuan Komisi VII DPR kunker ke "Negeri Sakura" untuk meninjau tata kelola industri pengolahan mineral dan migas.

Menurut dia, pengecekan ini dilakukan agar PT KCI tak gegabah dalam memilih alat transportasi publik. Dicontohkannya dengan tabrakan kereta api di Bintaro pada 1987, yang menewaskan 139 penumpang.

"Tragedi kecelakaan kereta Bintaro yang banyak memakan korban harus kita jadikan pengalaman berharga dalam pengelolahan transportasi kereta," tuturnya.

Politikus Partai Gerindra ini menambahkan, ketersediaan suku cadang juga harus menjadi perhatian. Apalagi, kereta bekas yang mau diimpor PT KCI produksi tahun 1994.