Lion Air setop penerbangan umrah dari 13 kota di Indonesia

Arab Saudi telah menutup kunjungan ke negaranya untuk umrah.

Ilustrasi. Dokumentasi Lion Air.

Lion Air Group resmi mengumumkan penghentian sementara (suspend) semua layanan penerbangan umrah dari 13 kota keberangkatan dari Indonesia ke Arab Saudi.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan penghentian ini menyusul aturan resmi yang dikeluarkan Kerajaan Arab Saudi lewat General Authority of Civil Aviation (GACA) dan surat edaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akibat coronavirus.

"Mulai hari ini (28/2), Lion Air menghentikan sementara (suspend) semua layanan penerbangan umroh 13 kota keberangkatan dari Indonesia ke Arab Saudi sampai pemberitahuan lebih lanjut (until further notice)," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Jumat (28/2).

Dia mengatakan Lion Air Grup tunduk dengan keputusan yang diambil oleh pemerintah Saudi Arabia dan juga keputusan regulator pemerintahan Indonesia. Hal ini untuk menjaga standar operasional prosedur dalam memenuhi kualifikasi aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

"Keputusan penghentian penerbangan sementara ini juga dilakukan dalam rangka tindakan preventif dan proaktif guna mengutamakan faktor keselamatan awak pesawat dan para tamu jamaah serta menangkal masuk penyebaran Virus COVID-19 (Corona)," ujarnya.