Listrik padam, ekonomi RI kacau

Pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu (5/8) di Jakarta dan sekitarnya menganggu aktivitas ekonomi secara signifikan.

Pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu (5/8) di Jakarta dan sekitarnya menganggu aktivitas ekonomi secara signifikan. / Antara Foto

Pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu (5/8) di Jakarta dan sekitarnya menganggu aktivitas ekonomi secara signifikan. Mulai dari perkantoran, pusat perbelanjaan dan industri manufaktur.

Ekonom Insitute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, investasi pada pada sektor  manufaktur diperkirakan akan melambat lantaran investor merasa pasokan energi tidak pasti. 

"Jika mereka ekspansi pabrik tapi jaminan energi listrik tidak stabil, mereka cari negara lain yang lebih siap," ujar Bhima saat dihubungi Alinea.id, Senin (5/8).

Selain itu, pemadaman listrik juga berdampak bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jabodetabek. UMKM menjadi korban yang paling rentan karena tidak mampu membeli genset untuk cadangan ketika mati listrik.

"Bisa dibayangkan pekerjaan seperti bengkel, makanan minuman yang bergantung pada listrik terganggu," katanya.