Meneropong tren kecantikan di tahun Naga Kayu

Produk kecantikan dan perawatan tubuh tetap melejit di era pascapandemi.

Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.

Memasuki tahun 2024, tren kecantikan dan perawatan tubuh diperkirakan bakal terus berkembang. Meski telah keluar dari masa pandemi, kepedulian terhadap perawatan tubuh terus menjadi tren. Hal ini terbukti dari transaksi kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh yang terus meningkat pada tahun 2023. 

Kementerian Perindustrian mencatat kontribusi industri kosmetik terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal-III tahun 2023 mencapai 3,83%. Pertumbuhan kategori ini salah satunya juga terlihat dari marketplace Tokopedia yang mencatat pertumbuhan signifikan pada kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh.

Namun, selain fokus pada kecantikan fisik pemengaruh kecantikan Affi Assegaf menilai mind beauty atau kecantikan pikiran juga penting. Sehingga body-mind beauty, menjadi tren kunci pada 2024. Menurutnya, hal tersebut merupakan bentuk keselarasan antara kualitas hidup yang baik dengan penampilan fisik seseorang.

"Jadi, ketika kita bicara mengenai produk kecantikan, kita, tidak lagi ngomongin tentang produk yang hanya meningkatkan atau menjaga kecantikan fisik atau penampilan luar kita saja. Tapi juga gimana caranya itu juga bisa membantu kita mencapai kesejahteraan secara keseluruhan," beber Affi dalam acara Tokopedia Beauty Awards 2023, beberapa waktu lalu​​​.​​​​

Menurutnya, tidak bisa dimungkiri banyak faktor yang membuat tingkat stres masyarakat naik. Terlebih bagi penduduk perkotaan dengan tingkat kepadatan yang tinggi selepas pandemi Covid-19. Karena itu, dia menilai, orang-orang kini mencari produk yang tidak hanya menjawab kebutuhan penampilan saja, namun juga mengatasi masalah kesehatan emosi atau mental.