Menhub bidik PNBP 2019 capai Rp8,6 triliun

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada 2019 mencapai Rp8,6 triliun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada 2019 naik dibandingkan tahun lalu, yakni mencapai Rp8,6 triliun. / Antara Foto

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada 2019 naik dibandingkan tahun lalu, yakni mencapai Rp8,6 triliun.

Menhub mengantakan, dari target PNBP Kementerian Perhubungan tahun 2018 sebesar Rp9 triliun, realisasi PNBP-nya sebesar Rp8,2 triliun.

"Tahun 2019 kita memiliki target Rp8,6 triliun. Namun demikian, PNBP tidak boleh membebani masyarakat. Untuk itu kami akan memformulasikan mana yang harus dikenakan PNBP dan mana yang tidak," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Rabu (30/1).

Ia juga mengungkapkan, akan memaksimalkan potensi PNBP dari sektor Perhubungan Laut, pada tahun lalu PNBP terbesar berasal dari sektor perhubungan laut.

Selain berperan dalam penerimaan negara, PNBP juga berfungsi dalam memperbaiki pelayanan instansi negara kepada masyarakat. Perbaikan pelayanan tersebut bisa dibiayai dari PNBP sehingga apa yang dibayarkan masyarakat berupa PNBP, dapat kembali dinikmati oleh masyarakat.