Menkeu: Stabilitas harga tingkatkan kepercayaan diri

Kemenkeu akan mempererat koordinasi dengan Bank Indonesia untuk memerhatikan lebih jeli lagi sejumlah sumber yang menyebabkan inflasi

Calon pembeli memilih produk fashion di salah satu pusat perbelanjaan, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/8)./AntaraFoto

Deflasi sebesar 0,05% yang terjadi pada Juli 2018 merupakan hasil dari stabilisasi harga yang dilakukan pemerintah. 

"Saya rasa stabilitas dari nilai harga menjadi salah satu komponen penting. Kita semua tahu dalam kondisi global market environment yang cukup volatile, isu stabilitas menjadi sangat penting untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri," jelas Sri Mulyani saat ditemui di Jakarta, Senin (3/9). 

Oleh karena itu, Kemenkeu akan mempererat koordinasi dengan Bank Indonesia untuk memerhatikan lebih jeli lagi sejumlah sumber yang menyebabkan terjadinya inflasi. 

Tidak kalah penting adalah memerhatikan imported inflation. Apalagi biasanya nilai tukar dan faktor seasonal pada akhir tahun menyebabkan kenaikan harga. 

Di tempat terpisah, Menko Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan imported inflation pada Juli belum terlihat. Inflasi inti pada Agustus sebesar 0,3%. "Di Agustus 0,3% ini masih lumayan oke. Walau sedikit lebih tinggi dari biasanya," jelas Darmin saat ditemui di kantornya, Senin (3/9).