PayLater, fitur ngutang praktis dalam aplikasi

Aplikasi Gojek, Traveloka, dan Ovo menawarkan layanan PayLater untuk penggunanya.

Traveloka memperkenalkan layanan PayLater lebih dahulu ketimbang Gojek dan Ovo. Alinea.id/Dwi Setiawan.

Di era digital, semua serba praktis dan mudah. Termasuk dalam hal pinjam-meminjam uang. Usai kehadiran aplikasi pinjaman online alias fintech, kini konsep serupa hadir melalui di dalam aplikasi tiga startup, yakni Gojek, Traveloka, dan Ovo. Fitur untuk mengajukan pinjaman dengan mudah di aplikasi-aplikasi tersebut dikenal dengan nama PayLater.

Seseorang yang sudah mengunduh aplikasi tadi, dan melengkapi syarat-syarat yang diminta, bisa langsung melakukan transaksi tanpa perlu mengeluarkan sepeser pun pada awal transaksi.

Syarat pengajuan pinjaman dipermudah, hanya menyerahkan foto KTP dan foto diri. Setelah itu, pengguna bisa bertransaksi saat itu juga, dan membayar belakangan.

Tentu saja kemudahan ini dirasakan mereka yang ingin memenuhi kebutuhannya dengan cara yang praktis. Karyawan sebuah perusahaan IT di bilangan Jakarta Selatan, Fatia Rachman, merasakan kemudahan fitur ini.

"Buat gue, fitur ini ngebantu banget. Saat lapar atau dadakan diajak teman-teman sekantor hangout bareng, tapi no money, ya pakai PayLater aja," ujar Fatia saat ditemui Alinea.id di Plaza Festival Mall Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (20/8).

Fatia sudah berlangganan fitur PayLater sejak Juni 2019. Dia mengaku tak mendapatkan kendala apa pun saat tenggat waktu pembayaran sudah tiba.

Dalam waktu sebulan, dia bisa melakukan transaksi hingga Rp500.000. Rata-rata transaksinya dihabiskan untuk kebutuhan makan sehari-hari atau transportasi.

"Di akhir bulan tinggal bayar biaya langganan, asal jangan telat. Kalau telat bayar kena denda Rp2.000 per hari," tuturnya.

Berbeda dengan Fatia, Neneng Putri Minangsari masih kapok berlangganan fitur PayLater. Putri mencoba fitur itu pada Juli 2019. Berawal dari iseng-iseng, penggunaan PayLater Neneng malah membuatnya harus membayar lebih dari biaya yang dipinjamnya.