Pemerataan ekonomi jadi alasan Jokowi bangun IKN Nusantara

Mayoritas penduduk Indonesia yang bermukim di Pulau Jawa membuat kepadatan penduduk hanya terpusat di satu wilayah.

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam Pembukaan Muktamar XVIII PP Pemuda Muhammadiyah Tahun 2023 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (22/2). Dokumentasi Youtube Setpres.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Disampaikan Jokowi, alasan utama pembangunan IKN dan pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur yakni pemerataan ekonomi.

"Alasan pokoknya adalah pemerataan," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam Pembukaan Muktamar XVIII PP Pemuda Muhammadiyah Tahun 2023 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (22/2).

Jokowi mengatakan, Pulau Jawa memiliki PDB paling besar dibandingkan wilayah lainnya, yakni sebesar 58%. Padahal, kata Jokowi, terdapat sekitar 17 ribu pulau yang tersebar dari ujung barat hingga ujung timur wilayah Indonesia.

"Terus yang 16.999 pulau itu diberi bagian berapa persen? Semuanya ada di Jawa 58%," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi menambahkan, mayoritas penduduk Indonesia bermukim di Jawa. Hal ini, menurutnya, membuat kepadatan penduduk hanya terpusat di satu wilayah. Oleh karenanya, diperlukan pemerataan agar pembangunan tidak hanya berfokus pada satu daerah saja.