Pemerintah dorong UMKM manfaatkan digital

Teknologi digital mampu menjadi solusi keterbatasan gerak orang dan barang di tengah pandemi Covid-19.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Pemerintah mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan diri dengan mamanfaatkan teknologi digital.

Direktur Sistem Manajemen Investasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Djoko Hendratto mengatakan teknologi digital mampu menjadi solusi keterbatasan gerak orang dan barang di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, langkah ini harus diambil UMKM agar dapat merambah pasar yang lebih luas.

“Kami menggunakan teknologi informasi (IT) sebagai backbone untuk memberikan fasilitas sekaligus memperbaiki kelemahan dari UMKM selama ini,” katanya dalam video conference, Jumat (19/6).

Selama ini UMKM dinilai belum mendapatkan dukungan iklim usaha yang baik. Hal ini terlihat dari Incremental Capital Output Ratio (ICOR) Indonesia yang masih tinggi yaitu di level 6,3. 

Angka ICOR Indonesia tersebut masih jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Malaysia yang berada di level 4,6 atau Thailand di level 4,5. Demikian juga apabila dibandingkan dengan Vietnam yang di level 5,2.