Pemerintah minta perbankan segera turunkan bunga kredit

Bank Indonesia telah memangkas suku bunga acuan hingga 4,75%.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) saat memberikan keterangan pers terkait kebijakan di sektor keuangan yang akan diambil pemerintah untuk mengantisipasi coronavirus di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Alinea.id/Nanda Aria.

Pemerintah meminta perbankan untuk segera menurunkan suku bunga kredit. Hal ini demi menjaga pertumbuhan ekonomi dan stabilitas pasar keuangan, serta memberikan stimulus untuk berbagai sektor yang terdampak coronavirus. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, setelah kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia (BI) dengan menurunkan suku bunga acuan menjadi 4,75%, diharapkan perbankan juga menurunkan suku bunga kreditnya.

"Harapannya transmisi penurunan suku bunga BI bisa dirasakan oleh masyarakat," kata Airlangga di Bank Indoensia, Jakarta, Kamis (5/3).

Insentif pemerintah

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, pemerintah sudah memberikan berbagai insentif fiskal untuk mendorong konsumsi masyarakat dan menstimulus industri. Untuk mendorong konsumsi masyarakat, kata dia, pemerintah telah meningkatkan plafon kredit usaha rakyat (KUR) hingga Rp190 triliun dengan bunga pinjaman menjadi 6% dari sebelumnya 7%.