Pemerintah modernisasi pelaksanaan anggaran

Kementerian Keuangan tengah menyiapkan konsep modernisasi dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.

Kementerian Keuangan tengah menyiapkan konsep modernisasi dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019. (Antara Foto)

Kementerian Keuangan tengah menyiapkan konsep modernisasi dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019. Meteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan kementerian dan lembaga (K/L) akan didorong menggunakan sistem aplikasi keuangan tingkat instansi (SAKTI). 

“Saat ini sedang disiapkan sumber daya manusianya. Kami akan hati-hati untuk meluncurkan SAKTI, agar pelaksanaan anggaran di K/L bisa lebih akurat,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (20/2). 

SAKTI merupakan aplikasi keuangan yang digunakan pada tingkat satuan kerja (satker) guna mewujudkan sistem perbendaharaan yang handal dan akuntabel. Nantinya, K/L yang menggunakan dapat melaksanakan seluruh fungsi utama penganggaran mulai dari perancanaan, pelaksanaan, hingga proses pertanggungjawaban pada SAKTI. 

"Tujuannya agar masyarakat tahu kenapa bayar pajak, untuk apa pajak, kenapa berhutang, apa saja APBN, dan lain-lain. Ini sangat tinggi perhatiannya karena APBN uang kita bersama," imbuh Sri Mulyani. 

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Marwanto Harjowiryono juga menyampaikan kementerian tengah menggelar rapat koordinasi nasional. Tujuannya, kata dia, untuk memperkokoh komitmen Kementerian Keuangan dalam mengelola APBN dari seluruh K/L pada 2019.