Pemerintah susun APBN-Perubahan 2020 akibat Covid-19

Seluruh target dalam APBN 2020 dipastikan meleset akibat Covid-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto Antara.

Pemerintah tengah menyusun Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) untuk menangani persoalan ekonomi di tengah dampak coronavirus.

Sri mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menjalin komunikasi dengan pimpinan dan Badan Anggaran (Banggar) DPR terkait dengan hal tersebut. Hal ini juga untuk memastikan agar perubahan yang dilakukan masih berada dalam koridor hukum yang berlaku.

"Yang kita bicarakan dengan DPR, bagaimana mekanisme perubahan dalam situasi mendesak. Bahkan Banggar menyebutkan, situasi ini kegentingan memaksa. Dan ini minta disampaikan lewat Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu)," katanya lewat teleconference, Selasa (24/5).

Sri menekankan perubahan ini harus segera dilakukan melihat situasi perekonomian yang sedang guncang. Pasalnya, kata Sri, asumsi yang sebelumnya ditetapkan di dalam APBN 2020 hampir dipastikan semuanya meleset.

Target yang dimaksud yakni pertumbuhan ekonomi, harga minyak mentah dunia, nilai tukar rupiah, tingkat suku bunga acuan, dan defisit fiskal dipastikan mengalami perubahan.