Pemerintah tak akan kejar pajak 50 konglomerat terkaya 2018

Majalah Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2018.

Majalah Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2018. Kali ini, Indonesia mencetak rekor baru dengan total kekayaan US$129 miliar atau naik US$3 miliar dari tahun lalu. / Antara Foto

Majalah Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2018. Kali ini, Indonesia mencetak rekor baru dengan total kekayaan US$129 miliar atau naik US$3 miliar dari tahun lalu. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku belum ada rencana menaikkan target penerimaan perpajakan. Pemerintah masih akan fokus kepada masyarakat kelas menengah ke bawah. 

"Kolongmerat penghasilan dan labanya bagus, yang perlu kita urusi ya, yang kecilnya. Biar meningkat. Jangan dipikirin kalau yang gede cepat, yang harus dipikirin yang kecilnya," kata Darmin di kantornya, Jumat (14/12). 

Dengan kata lain, pemerintah saat ini belum menyiapkan strategi khusus kepada para konglomerat. Pemerintah belum akan menaikkan target pajak setelah adanya laporan ini. 

Kendati demikian, Darmin enggan menjawab secara eksplisit soal target pajak bagi konglomerat. "Pajak (saat ini) sudah bagus, lebih tinggi realisasi dari APBN," kata dia.