Pemerintah terbitkan surat utang valas dolar AS dan euro

Pemerintah menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) untuk menutup defisit anggaran.

Pemerintah menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) dalam dua mata uang asing dolar Amerika Serikat (USD Bond) dan Euro (Euro Bond) masing-masing sebesar US$1 miliar dan EUR1 miliar. Alinea.id/Nanda Aria

Pemerintah menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) dalam dua mata uang asing dolar Amerika Serikat (USD Bond) dan Euro (Euro Bond) masing-masing sebesar US$1 miliar dan EUR1 miliar.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen PPR) Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan penerbitan SUN tersebut untuk menutup pelebaran defisit anggaran yang mencapai 2% hingga 2,2% sampai akhir tahun 2019.

"Dari sisi pembiayaan kemarin kita lakukan pricing untuk SUN valas dengan size US$1 billion dengan tenor 30 tahun. Kemudian EUR1 billion dengan tenor 12 tahun," katanya di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (25/10).

Langkah ini, lanjutnya, sejalan dengan penurunan tingkat bunga acuan dunia yang terus mengalami penurunan. 

Di samping itu, kondisi perekonomian global yang masih bergejolak memaksa Kemenkeu untuk mengambil langkah ini sebagai bentuk counter cyclical terhadap penurunan pendapatan negara sebagai dampak perang dagang.