Pengembang: KPR DP 0% untuk PNS hanya tipu muslihat

Program pemerintah memberikan uang muka alias DP 0% untuk kredit pemilikan rumah (KPR) bagi PNS dinilai hanya tipu muslihat alias gimmick.

Pemerintah berencana meyediakan rumah layak huni untuk ASN dan anggota TNI/Polri dengan skema DP 0%. Program tersebut diharapkan supaya para abdi negara dapat memiliki rumah tinggal dengan harga terjangkau. / Facebook

Program pemerintah memberikan uang muka alias DP 0% untuk kredit pemilikan rumah (KPR) bagi PNS dinilai hanya tipu muslihat alias gimmick.

Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Junaidi Abdillah menilai skema pembangunan rumah dengan uang muka (down payment/DP) nol persen hanya trik untuk menarik perhatian calon konsumen saja.

Menurut dia, setiap pembelian rumah pasti memerlukan uang muka, hanya saja untuk DP 0% itu uang mukanya dimasukkan ke skema angsuran.

"Sebenarnya DP 0% itu gimmick saja, kalau menurut saya ya. Faktanya dia juga ada uang muka, cuma dicicil ke dalam angsuran, jadi itu sebenarnya gimmick saja," ujarnya usai menemui Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla di Jakarta, Kamis (8/11).

Meski demikian, terkait rencana pemerintah untuk menyediakan rumah layak huni bagi pegawai negeri sipil (PNS) alias aparatur sipil negara (ASN) dan anggota TNI/Polri, dengan skema DP 0%, Junaidi mengatakan APERSI tetap mendukung program Presiden Joko Widodo tersebut.