Penumpang kapal feri mulai meningkat

Pelni mengalami peningkatan 100% lebih dibandingkan hari biasa, yang hanya sekitar 500 penumpang.

Sejumlah penumpang kapal Pelni Nggapulu asal Makassar, Sulawesi Selatan, tiba di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (4/6) / AntaraFoto

Penumpang atau pemudik kapal feri di Pelabuhan Feri Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pada H-9 Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah membludak dan bahkan ratusan calon penumpang tujuan Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura tidak bisa terangkut.

"Membludaknya penumpang kapal feri tujuan Pulau Raas ini karena banyak masyarakat yang beranggapan ada dua jadwal keberangkatan atau dua trip kapal feri, sehingga banyak pemudik yang tidak terangkut," kata Petugas UPT Pelabuhan Feri Jangkar, Kabupaten Situbondo, Tri Wahyono seperti dilansir Antara, di Situbondo, Rabu pagi.

Jumlah calon penumpang kapal feri rute Situbondo-Raas pada hari ini lebih dari 600 orang, sedangkan yang dapat terangkut hanya sekitar 300 penumpang. Mereka terpaksa harus menginap di Pelabuhan Feri Jangkar untuk menunggu jadwal keberangkatan kapal feri pada Kamis (7/6) pagi.

"Kalau pemudik atau penumpang kapal feri ini mayoritas dari Pulau Bali dan hendak merayakan Lebaran di kampung halamannya," katanya.

Sementara Suhaeni, salah seorang calon penumpang yang tidak terangkut dan tidak kebagian tiket kapal, mengaku kecewa karena tidak terangkut kapal feri. "Ya terpaksa menginap di pelabuhan, menunggu besok. Padahal saya sudah sejak kemarin sampai di Pelabuhan Jangkar," ujarnya.