PHRI meminta tak ada monopoli harga avtur Pertamina

Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani meminta tak ada monopoli harga avtur dari PT Pertamina (Persero)

Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani meminta tak ada monopoli harga avtur dari PT Pertamina (Persero). / Antara Foto

Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani meminta tak ada monopoli harga avtur dari PT Pertamina (Persero).

Pemilik Grup Sahid yang juga ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) itu mengatakan, dengan adanya kenaikan harga tiket pesawat, diporyeksikan akan membuat tingkat hunian hotel berbintang menurun di bawah 55% pada tahun ini.  

Hariyadi berharap agar industri penerbangan menurunkan harga tiket pesawat dan meminta kepada Pertamina untuk tidak memonopoli penjualan avtur

"Kita mengharapkan pemerintah untuk membuka dominasi Pertamina. Pertamina tidak boleh memonopoli penjualan avtur. Harus ada perusahaan lain yang menjual avtur," kata dia di salah satu hotel di Jakarta, Selasa (11/2). 

Selain itu juga, penjualan avtur di dalam negeri harus dikondisikan dengan perusahaan internasional lain menjual avtur. Mereka tidak mengenakan tambahan pajak pertambahan nilai (PPn) dalam menjual avtur.