Potensi Rp965 M tambahan perputaran uang bagi perekonomian Indonesia dari FIFA Matchday vs Argentina

Kurniawan, dkk. secara metodologis mengajukan pertanyaan operasional: Bagaimana efek pengganda perekonomian bekerja?

Foto: PSSI

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) menilai perlu analisis untuk menakar manfaat ekonomi yang dihasilkan dari perhelatan sepak bola internasional FIFA Matchday antara Indonesia versus Argentina.

Analisis LPEM FEB UI diterbitkan dalam Briefing Note Vol 2. No.2 Juni 2023, bertajuk "Simulasi Potensi Dampak Ekonomi Penyelenggaraan FIFA Matchday Indonesia vs Argentina 19 Juni 2023" oleh Yusuf Reza Kurniawan, M.Sc., Mohamad Dian Revindo, Ph.D., Calista Endrina Dewi, S.E.

Sepak bola Indonesia menghadapi tantangan yang besar saat ini.  Pada satu sisi, animo masyarakat terhadap tim nasional Indonesia masih tinggi, khususnya didukung oleh raihan medali emas pada ajang SEA Games 2023. Pada sisi lain, diperlukan pemulihan citra sepak bola Indonesia di mata dunia setelah Tragedi Kanjuruhan dan batalnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023.

Tragedi kematian di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terjadi 24 Oktober 2022. Sebanyak 135 orang tewas, dan 583 lainnya luka-luka. Bencana tersebut merupakan yang paling mematikan kedua dalam sejarah sepak bola dunia, setelah bencana Estadio Nacional tahun 1964 di Peru yang menewaskan 328 orang.

Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Tapi sejumlah pihak menolak keikutserataan tim Israel. FIFA secara resmi mencabut Indonesia sebagai tuan rumah turnamen tersebut, dengan menyatakan "keadaan saat ini" sebagai alasan tanpa merinci detailnya.