Saat kekuatan rekomendasi dari mulut ke mulut bantu brand naik kelas

Survei YouGov menunjukkan Tokopedia menjadi brand paling direkomendasikan di peringkat pertama.

Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.

“Promo Minyak Goreng Murah, Klik NOW,” begitu bunyi sebuah pesan singkat yang diterima Neneng (36). Tanpa pikir panjang, ibu rumah tangga ini langsung meng-klik tautan belanja online rekomendasi teman-teman kuliahnya yang dikirimkan lewat grup di sebuah aplikasi chatting. 

Ibu dua anak ini memang selalu membuka link belanja online yang menawarkan diskon. Terutama untuk kebutuhan rumah tangga seperti sabun cuci, sabun mandi, beras, minyak goreng, dan kebutuhan bahan pangan lainnya.

“Kan lumayan biar belanja lebih hemat, kita enggak perlu keluar rumah dan bebas ongkir pula,” ungkapnya saat berbincang dengan Alinea.id, Kamis (8/9).

Beruntung, Neneng memiliki beberapa grup di aplikasi chatting, misalnya grup mantan rekan kerja, grup lingkungan tempat tinggal, grup sekolah anak, hingga teman-temannya semasa Sekolah Dasar (SD) hingga kuliah.

Di forum-forum itulah, warga Tangerang Selatan ini kerap mendapatkan info-info promo di e-commerce maupun aplikasi untuk belanja kebutuhan dapur. “Kadang aku langsung klik dan beli, kadang skip, tergantung isi dompet juga sih. Tapi kalau untuk kebutuhan rumah sih enggak akan mubazir,” sebutnya.