Sandi: Ada peluang tingkatkan perekonomian pada 2020

Semua pihak harus memberi masukan yang konstruktif untuk membantu memberi solusi alternatif menghadapi tantangan ekonomi pada 2020.

Foto areal suasana aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/11).AntaraFoto

Meski tantangan ekonomi pada 2020 cukup berat, akan tetapi masih ada peluang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Kami semua sepakat walaupun ekonomi pada 2020 akan menghadapi banyak tantangan, tetapi masih banyak peluang," ujar Wakil Ketua Kadin Sandiaga Uno usai menghadiri Pembukaan Mukernas V PPP yang diselenggarakan di Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu (14/12).

Sandi mengatakan, semua pihak perlu menyelesaikan agenda-agenda penghambat ekonomi. Agar iklim usaha dan investasi segera mendapat dukungan.

"Kita perlu segera menyelesaikan dan menuntaskan agenda utama penghambat dari ekonomi. Seperti bagaimana bisa menciptakan lapangan kerja dan juga memberdayakan ekonomi usaha kecil dan menengah serta beberapa perbaikan iklim usaha dan investasi," ujarnya.

Ia pun mendukung niat pemerintah yang berencana menyederhanakan aturan lewat gagasan omnibus law. Pasalnya hal itu dapat membuat aturan tidak tumpang tindih dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.