Sandiaga Uno janji gratiskan jalan tol, cek faktanya

Perusahaan konstruksi infrastruktur mengomentari janji Cawapres Sandiaga Uno yang ingin menggratiskan jalan tol. Mungkinkah?

Jika menghitung masa konsesi ruas tol yang ada rerata hingga 2045, maka dipastikan tidak dapat digratiskan saat periode 2019-2024. / Antara Foto

Perusahaan konstruksi infrastruktur mengomentari janji Cawapres Sandiaga Uno yang ingin menggratiskan jalan tol.

Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. (CMNP), Tito Sulistio, menilai rencana calon wakil presiden nomor urut 02 itu tidak hanya berdampak pada perusahaan operator jalan tol pelat merah, tetapi juga perusahaan swasta.

"Pemimpin dan calon pemimpin kalau bicara dampaknya besar kepada pasar swasta," ujarnya di Gedung PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (5/11).

Tito menilai, pernyataan Sandiaga justru menimbulkan ketidakpastian bagi dunia usaha. Sehingga, dia menyarankan agar selalu memberikan impresi masa depan yang lebih baik.

"Musuh kita sekarang itu uncertainty. Saya tidak bicara jalan tol, tapi segala macam. Ada uncertainty di ekonomi, kita tidak pernah tahu. Orang itu mau cari stabilitas, tiba-tiba pemerintah taruh Rp15.000 per dollar AS di APBN terus terang mengerikan buat saya," tambahnya.