Sri Mulyani jadi menteri keuangan terbaik Asia Pasifik ketiga kalinya

Sebelumnya, Finance Asia telah menobatkan Sri Mulyani sebagai menkeu terbaik se-Asia Pasifik pada 2017 dan 2018.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. / Kemenkeu

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali dinobatkan sebagai menteri keuangan (menkeu) terbaik di Asia Pasifik tahun 2019 oleh majalah keuangan Finance Asia pada 2 April 2019. Sebelumnya, Finance Asia telah menobatkan Sri Mulyani sebagai menkeu terbaik se-Asia Pasifik pada 2017 dan 2018.

Menurut Finance Asia, Sri Mulyani berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini berhasil mencatatkan defisit anggaran terendah dalam enam tahun terakhir pada 2018 yakni sebesar 1,76% dari Produk Domestik Bruto. 

Melalui program Amnesti Pajak yang diluncurkan pada 2016-2017, Sri Mulyani juga berhasil meningkatkan kepatuhan pajak (tax compliance), yang pada akhirnya meningkatkan penerimaan perpajakan.

Perempuan kelahiran 26 Agustus 1962 ini juga mengantarkan Indonesia menjadi negara Asia pertama yang menjual Global Green Sukuk (green bonds). Surat utang ini digunakan secara spesifik untuk membiayai proyek-proyek untuk iklim dan lingkungan dan berhasil terjual hingga US$1,25 miliar. 

Selain itu, di tengah pelemahan nilai tukar akibat perang dagang antara Amerika Serikat dan China, pemerintah bersama Bank Indonesia juga dinilai berhasil menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.