Sri Mulyani pastikan APBN tetap sehat di tengah tekanan

Sri Mulyani menyebut APBN bekerja sangat keras untuk membantu meringankan dampak pandemi.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah akan terus berupaya menjaga Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) agar tetap sehat meskipun mengalami tekanan yang berat akibat pandemi Covid-19.

“APBN mengalami tekanan, tapi alhamdulillah selama ini APBN kami jaga untuk tetap sehat sehingga saat harus menghadapi Covid-19, kita masuk dalam kondisi sehat,” katanya dalam video conference, Selasa (24/11).

Dia mengatakan, hal tersebut harus dilakukan karena APBN bekerja sangat keras untuk membantu meringankan dampak pandemi yang menerpa masyarakat dan dunia usaha agar terus mampu bertahan.

Dia mencontohkan, APBN telah membantu lebih dari 20 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), baik berupa bantuan produktif hingga relaksasi pembayaran cicilan karena pendapatan menurun, sementara biaya meningkat akibat adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Dunia usaha mengalami beban yang luar biasa, masyarakat mengalami beban yang luar biasa, maka APBN dalam hal ini instrumen fiskal memberikan banyak sekali dukungan,” ujarnya.