Sri Mulyani rancang strategi tahan pelemahan rupiah

Nilai tukar rupiah yang terus ambrol mencapai Rp15.183 per dollar Amerika Serikat, membuat Sri Mulyani merancang strategi menahan pelemahan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan sinyal adanya tambahan kebijakan yang akan dirumuskan pemerintah untuk mengantisipasi perkembangan dinamika global yang terus mempengaruhi depresiasi rupiah. / Antara Foto

Nilai tukar rupiah yang terus ambrol mencapai Rp15.183 per dollar Amerika Serikat, membuat Sri Mulyani merancang strategi untuk menahan pelemahan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan sinyal adanya tambahan kebijakan yang akan dirumuskan pemerintah untuk mengantisipasi perkembangan dinamika global yang terus mempengaruhi depresiasi rupiah.

"Pemerintah terus menjaga fleksibilitas dan bersikap mau berubah dan memperbaiki formula kebijakan, kalau kondisi global terus bergerak," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (5/10).

Sri Mulyani mengatakan pemerintah bersama dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan terus memantau perkembangan ekonomi global yang terus bergerak dinamis dan menimbulkan sentimen kepada penguatan dollar AS.

"Kita lihat aspek ekonomi kita, apakah mampu menyerap dinamika yang terjadi, mulai dari kurs, capital inflow, neraca di lembaga keuangan, korporasi dan APBN. Termasuk kondisi di moneter dan riil, itu semua kita jaga," katanya.