Suap impor berulang, Mendag klaim importasi sudah transparan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan importasi sudah melalui berbagai tahapan yang ditentukan.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan pihaknya telah melaksanakan tahapan importasi dengan transparan dan menggunakan prinsip tata kelola yang baik (good governance). / Antara Foto

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan pihaknya telah melaksanakan tahapan importasi dengan transparan dan menggunakan prinsip tata kelola yang baik (good governance).

"Semua proses dilakukan dengan transparan, bisa diakses publik di website Kementerian Pedagangan. Jadi, buat apa suap-suap seperti kasus yang kini ditangani KPK," kata Mendag dalam rilis di Jakarta, Senin (12/8).

Enggar mengingatkan para pengusaha agar berhati-hati dan tak meladeni pihak yang mengaku bisa mengurus kuota impor, bahkan melakukan locked quota dengan membawa-bawa nama pejabat negara. 

"Kepada mereka yang jualan nama penyelenggara negara, agar jangan lagi melakukan. Karena aparat hukum, dan KPK pastinya juga melihat semua yang dilakukan berbuat jahat," kata Enggar.

Menurut Enggar, beragam sanksi seperti blacklist atau daftar hitam hingga proses hukum juga sudah dikenakan terhadap oknum yang nakal.