Target pertumbuhan kredit Bank Mandiri naik jadi 12%

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menaikkan target pertumbuhan kredit dari 11% menjadi 12% secara tahunan (year-on-year/yoy).

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menaikkan target pertumbuhan kredit dari 11% menjadi 12% secara tahunan (year-on-year/yoy). / Antara Foto

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menaikkan target pertumbuhan kredit dari 11% menjadi 12% secara tahunan (year-on-year/yoy).

Direktur Keuangan Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan penambahan target pertumbuhan kredit terjadi seiring menggeliatnya permintaan kredit korporasi yang diklaim tak terdampak perang dagang.

"Sebelumnya kami di Rencana Bisnis Bank (RBB) memasang di bawah 12%. Sekarang kami meningkatkan ke 12%. Revisi RBB itu belum final, perlu diajukan dan disetujui Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," kata dia sebelum rapat Komisi XI DPR di Gedung DPR Jakarta, Kamis (4/7).

Kenaikan target pertumbuhan kredit itu, menurut Panji, karena rencana bisnis debitur korporasi swasta berjalan sesuai rencana sepanjang semester I-2019 ini. Dia melihat potensi meningkatnya permintaan kredit akan terlihat di semester II-2019, dan akan menopang pertumbuhan kredit perseroan secara keseluruhan.

Selain korporasi swasta, kata Panji, permintaan kredit dari BUMN, dan juga Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga memberi andil signifikan dalam penyaluran kredit Mandiri. "Kredit juga meningkat dari State Owned Enterprises (BUMN) dan KUR," ujar dia.