Terbaik di Asia, rupiah terus reli hingga Rp14.590 per dollar AS

Penguatan kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat diproyeksi hanya terjadi sementara seiring terjadinya Pemilu paruh waktu di AS.

Pada perdagangan Selasa (6/7), rupiah melonjak 1,3% ke level Rp14.790 per dollar AS. Lonjakan itu menjadi torehan tertinggi sejak Juni 2016. Padahal, mata uang negara-negara di Asia nyaris tak beranjak. / Antara Foto

Penguatan kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat diproyeksi hanya terjadi sementara seiring terjadinya Pemilu paruh waktu di Negara Donald Trump itu.

Pada perdagangan Selasa (6/7), rupiah melonjak 1,3% ke level Rp14.790 per dollar AS. Lonjakan itu menjadi torehan tertinggi sejak Juni 2016. Padahal, mata uang negara-negara di Asia nyaris tak beranjak.

Rupiah mengalami reli sejak awal November hingga mencapai 2,8%. Bahkan, mata uang Garuda itu bertengger pada posisi jawara terbaik di Asia.

Pada perdagangan Rabu (7/11) di pasar spot seperti dikutip dari Bloomberg, rupiah terus mencatatkan reli dengan penguatan 1,45% sebesar 214 poin ke level Rp14.590 per dollar AS. Apresiasi rupiah telah menipiskan torehan depresiasi sejak awal tahun menjadi 7,64%.

Berdasarjan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), posisi rupiah berada pada level Rp14.764 per dollar AS. Namun, apakah penguatan rupiah ini akan bersifat jangka panjang atau temporer?