The Fed dovish, BI diprediksi pangkas suku bunga ke 5,75%

Sikap dovish Federal Reserve (The Fed) diprediksi membuat Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunga acuan ke level 5,75% pekan ini.

Sikap dovish Federal Reserve (The Fed) diprediksi membuat Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunga acuan ke level 5,75% pekan ini. / Pixabay

Sikap dovish Federal Reserve (The Fed) diprediksi membuat Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunga acuan ke level 5,75% pekan ini.

Bank sentral Amerika Serikat mengindikasikan untuk memangkas Fed Fund Rate (FFR) dengan sikap yang lebih berhati-hati (dovish). BI diproyeksi merespons dengan turut menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin dari 6% yang akan digelar dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 17-18 Juli 2019.

Perkiraan tersebut dipicu semakin kuatnya sinyalemen Bank Sentral AS The Federal Reserve untuk menurunkan suku bunga acuannya tahun ini, serta meredanya tekanan terhadap nilai tukar rupiah dalam beberapa waktu terakhir.

"Hal itu karena ekspektasi posisi (stance) kebijakan moneter yang longgar dari Bank Sentral negara-negara maju, salah satunya The Fed yang diperkirakan akan mulai menurunkan suku bunga acuannya sebesar 25-50 basis poin pada tahun ini sejalan dengan perlambatan ekonomi AS yang terindikasi dari proyeksi inflasi AS yang lebih rendah dari perkiraan awal," kata Ekonom PT Bank Permata Tbk Josua Pardede saat dihubungi di Jakarta, Senin (15/7).

JIka Bank Sentral benar-benar "berani" menurunkan suku bunga acuan 7-day reverse repo rate (7DRRR) pada pekan ini, maka hal itu akan menjadi kali pertama pelonggaran suku bunga acuan sejak November 2018.