THR & gaji ke-13 bagi PNS dongkrak pertumbuhan ekonomi

Pemberian tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) diyakini mendongkrak pertumbuhan ekonomi tahun ini.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kanan) mengucapkan sumpah jabatan saat pelantikannya di Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5). Perry Warjiyo resmi menjabat Gubernur Bank Indonesia periode 2018-2023 menggantikan Agus Martowardojo yang telah selesai masa tugasnya. / Antara Foto

Pemberian tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) diyakini mendongkrak pertumbuhan ekonomi tahun ini.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo yang baru saja menjabat menggantikan Agus D.W Martowardojo menuturkan pembagian THR dan gaji ke-13 diproyeksi membuat pertumbuhan ekonomi mendekati level 5,15%.

"Dengan pembayaran gaji dan THR, tentu saja konsumsi rumah tangga meningkat, karena inflasi terkendali. Kalau inflasi terkendali, kemampuan belanja masyarakat akan semakin besar dan karenanya akan menajadi stimulus fiskal, khususnya di kuartal II," ungkapnya, Jumat (25/5).

Kendati demikian, bos baru bank sentral itu pesimistis pemerintah dapat mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun ini hingga 5,4% pada 2018.

Perry yang mengucapkan sumpah jabatan sebagai Gubernur BI pada Kamis (24/5) memerkirakan defisit neraca pembayaran atau current account deficit pada kuartal II/2018 akan meningkat.