Milenial gemar makanan pedas, transaksi basreng dan oseng mercon melonjak di Tokopedia

Makanan pedas menjadi primadona di kalangan generasi milenial.

Ilustrasi. Foto dokumentasi Tokopedia.

Makanan pedas menjadi primadona di kalangan generasi milenial. Perusahaan teknologi Tokopedia mencatat kategori makanan dan minuman–yang terdiri dari berbagai jenis produk termasuk makanan pedas–menjadi salah satu yang paling laris di platform belanja online besutan William Tanuwijaya itu sepanjang 2022.

“Tokopedia mencatat generasi milenial, yaitu masyarakat yang lahir pada tahun 1981-1996, menjadi generasi yang paling sering membeli jajanan pedas terlaris di Tokopedia sepanjang 2022,” ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Minggu (15/1). 

Adapun produk makanan pedas kekinian yang paling laris sepanjang 2022 adalah kerupuk bawang pedas, bakso digoreng (basreng) dan keripik usus pedas.

“Makanan dengan cita rasa pedas banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini mendorong banyak pegiat usaha lokal, khususnya UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), menawarkan berbagai jenis makanan pedas, misalnya melalui salah satu kampanye di platform kami, Tokopedia NYAM!,” lanjut Ekhel.

Makanan pedas kekinian lain, seperti seblak, mengalami peningkatan jumlah transaksi di Tokopedia hampir 1,5 kali lipat di tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, penjualan ayam geprek juga melonjak lebih dari 1,5 kali lipat, transaksi oseng mercon naik hampir 2 kali lipat lewat Tokopedia.