Menkeu: Vaksin gratis dari GAVI-Covax Facility akan ringankan APBN

Dengan adanya vaksin gratis dari GAVI jelas akan meringankan beban APBN. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dokumentasi Kemenkeu

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, vaksin gratis yang akan diberikan oleh konsorsium vaksin GAVI-COVAX Facility membantu meringankan beban anggaran untuk penyediaan vaksin gratis bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pasalnya, kebutuhan anggaran untuk memberikan dukungan vaksin gratis bagi seluruh rakyat Indonesia diperkirakan mencapai Rp73 triliun. Dengan adanya vaksin gratis dari GAVI jelas akan meringankan beban APBN. 

"Kita tahu belanja yang dibutuhkan untuk proses vaksinasi hingga sampai ke masyarakat lebih dari Rp73 triliun. Adanya vaksin dari GAVI-COVAX ini banyak membantu anggaran kita dalam memenuhi program vaksinasi," katanya dalam penandatanganan Formulir Vaksin GAVI COVAX Facility, Kamis (7/1).

Meskipun demikian, dia menegaskan, setiap kebutuhan untuk pengadaan vaksin demi mencegah penularan Covid-19 di tengah masyarakat, dan mendukung pemulihan kondisi sosial-ekonomi, pembiayaannya akan selalu diprioritaskan.

"Karena ini program prioritas, kami akan berikan prioritas tertinggi bagi anggaran penyediaan vaksin dan mendukung vaksinasi," ujarnya.