Antisipasi El Nino, Pemprov Jateng siapkan cadangan beras hingga mie singkong

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Jateng, Dyah Lukisari, mengatakan CPP yang dimiliki provinsi mencapai 200 ton beras.

Salah satu lokasi gudang cadangan pangan Pemprov Jateng. Foto: jatengprov.go.id

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mulai menyiapkan cadangan pangan pemerintah (CPP) untuk menghadapi dampak El Nino. Ratusan ton beras disiapkan, berikut skema gerakan pangan murah serta fasilitas distribusinya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Jateng, Dyah Lukisari, mengatakan CPP yang dimiliki provinsi mencapai 200 ton beras. Selain CPP, pihaknya juga melakukan pengadaan gabah yang diberikan kepada para kelompok di berbagai wilayah.

“Rencananya akan dibagikan ke 770 kelompok di mana masing-masing kelompok memperoleh 2,2 ton gabah,” ujar Dyah dalam keterangannya, dilansir dari jatengprov.go.id, Rabu (5/7).

Dyah mengatakan, pihaknya juga menyediakan ribuan bungkus makanan berbahan lokal. Hingga akhir Juni 2023, tercatat masih tersedia 5.000 bungkus mie berbahan mocaf (tepung singkong).

“Lalu bagaimana jika harga pangan melambung karena permintaan meningkat, kami menyiasati dengan gerakan pangan murah dan menggenjot fasilitasi distribusi untuk mengatasi naiknya harga,” jelasnya.