Lestarikan Satwa, PTAR Martabe lepasliarkan dua Harimau Sumatera ke TNKS Jambi

Kedua harimau tersebut sebelumnya diselamatkan dari indukan yang dirawat akibat konflik dengan manusia di alam liar.

Harimau Sumatera Citra Kartini siap dilepasliarkan ke Taman Nasional Kerinci Seblat. Foto: Dokumentasi PTAR

PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola tambang emas Martabe di Kabupaten Tapanuli Selatan berhasil melepasliarkan dua Harimau Sumatera ke Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Provinsi Jambi. Kedua harimau tersebut sebelumnya diselamatkan dari indukan yang dirawat akibat konflik dengan manusia di alam liar.

Presiden Direktur PTAR, Muliady Sutio menyataan, dukungan PTAR melepasliarkan Harimau Sumatera merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam program konservasi lingkungan dan penjagaan keanekaragaman hayati.

“Kami terus berupaya memberikan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan, termasuk dalam hal konservasi lingkungan dan keanekaragaman hayati, pemberdayaan masyarakat, serta kesehatan dan keselamatan lingkungan. Konservasi Harimau Sumatera ini salah satunya,” kata Muliady dalam rilis yang diterima Alinea.id, Senin (13/6).

Pelepasan kedua harimau yang diberi nama Surya Manggala dan Citra Kartini berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara. Dalam proses pelepasliaran harimau menggunakan helikopter yang difasilitasi PTAR untuk mempercepat pemindahan Surya Manggala dan Citra Kartini.

Surya Manggala dan Citra Kartini diterbangkan dari Bandara Depati Parbo, Sungai Penuh, Jambi, menuju Zona Inti TNKS di Kabupaten Kerinci, Jambi. Translokasi keduanya ke TNKS menggunakan helikopter dengan metode longline – kandang digantung sepanjang 60 meter di badan helikopter.