Bantu ekonomi Turki, Qatar kucuri investasi US$ 15 miliar

Turki saat ini tengah bergulat dengan krisis mata uang dan ketegangan yang meningkat dengan Amerika Serikat, sekutunya di NATO.

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat bertemu di Ankara pada 15 Agustus 2018 / Kayhan Ozer/Presidential Palace/Handout via REUTERS

Lira Turki bangkit dari rekor terendahnya pada hari Rabu (16/8) setelah Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengatakan, Qatar mendukung Turki. 

Pemimpin Qatar itu mengumumkan investasi senilai US$15 miliar ke pasar keuangan negara dan bank Turki. Pernyataan Sheikh Tamim muncul setelah dia mengadakan pembicaraan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan di Ankara.

Setelah jatuh lebih dari 45% terhadap dolar AS, lira Turki menguat hingga 5,75 terhadap dolar AS pada hari Rabu, naik lebih dari 5%, dan bertahan di 5,90 pada Kamis (16/8) pagi. Demikian seperti dikutip dari Al Jazeera.

Turki saat ini tengah bergulat dengan krisis mata uang dan ketegangan yang meningkat dengan Amerika Serikat, sekutunya di Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Sheikh Tamim merupakan kepala negara asing pertama yang mengunjungi Ankara sejak 'perang' dengan Washington dimulai pekan lalu.