Warga lansia Korea Selatan dan Korea Utara reuni pasca-perang

Terdapat 83 warga Korea Utara dan 89 warga Korea Selatan yang berpartisipasi dalam reuni ini. Yang tertua berusia 101 tahun.

Warga Korea Utara dan Korea Selatan reuni di resor di Gunung Kumgang atau Diamond Mountain, dekat zona demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea pada Senin (20/8) / Yonhap via REUTERS

Puluhan warga lanjut usia asal Korea Selatan menyeberangi perbatasan yang dijaga ketat pada hari Senin (20/8). Mereka menuju Korea Utara untuk reuni dengan kerabat yang belum pernah mereka lihat sejak Perang Korea 1950-1953.

Reuni berlangsung di resor di Diamond Mountain, Korea Utara, saat Pyongyang meningkatkan upaya rekonsiliasi di tengah dorongan diplomatik untuk memecah kebuntuan terkait program senjata nuklir mereka.

Reuni singkat ini digambarkan sangat emosional karena sebagian besar peserta adalah kalangan lanjut usia yang ingin melihat orang yang mereka cintai 'sekali lagi'. 

Sebagian besar keluarga itu terpisah selama Perang Korea, yang berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai sehingga secara teknis Semenanjung Korea masih dalam keadaan perang.

Terdapat 83 warga Korea Utara dan 89 warga Korea Selatan yang berpartisipasi dalam reuni ini. Yang tertua berusia 101 tahun. Sebelumnya, 100 orang dipilih dari masing-masing pihak, namun beberapa batal karena menyadari bahwa kerabat yang ingin mereka temui telah meninggal dunia.