12 mahasiswa Korea Selatan diduga naikkan berat badan untuk hindari wajib militer

Korea Selatan mewajibkan semua warga negaranya yang berjenis kelamin pria berusia antara 18 dan 35 tahun untuk menjalani wajib militer.

Ilustrasi Korea Selatan/ Pixabay

Dua belas mahasiswa Korea Selatan dituduh berkonspirasi untuk menaikkan berat badan dengan tujuan menghindari wajib militer. 

Menurut Administrasi Tenaga Militer Korea Selatan, 12 remaja itu telah bertukar pesan di KakaoTalk tentang bagaimana menaikkan berat badan dengan cepat. Beberapa dari mereka dilaporkan mengonsumsi bubuk protein dalam jumlah banyak, sementara yang lainnya minum jus lidah buaya pada hari ujian.

"Administrasi Tenaga Kerja Militer, melalui penyelidikan menyeluruh, akan melakukan yang terbaik untuk mencabut kejahatan penghindaran wajib militer dan memberi pelajaran bagi pelanggar," kata pihak berwenang dalam sebuah pernyataan.

Korea Selatan, yang secara teknis masih berperang dengan Korea Utara, mengharuskan semua pria berusia antara 18 dan 35 tahun untuk menjalani wajib militer setidaknya selama 21 bulan.

Persyaratan wajib didasarkan pada kombinasi tinggi, pendidikan dan indeks massa tubuh. Pihak berwenang juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti penglihatan, kecacatan dan sejarah kriminal.