Jual senjata US$300 juta ke Taiwan, AS pertajam konflik dengan China?

Kesepakatan terbaru penjualan senjata ke Taiwan yang diusulkan AS dinilai akan membuat China meradang.

Ilustrasi / Pexels

Amerika Serikat telah mengusulkan kesepakatan untuk menjual senjata ke Taiwan senilai US$330 juta. Langkah ini dinilai berisiko menyulut dan menambah ketegangan lebih lanjut dalam relasi AS dan China.

Taiwan menyambut baik langkah AS, dengan mengatakan bahwa itu dapat membantu pihaknya meningkatkan kemampuan pertahanannya.

"Kami sangat menghargai bahwa pemerintah AS memperhatikan keamanan nasional Taiwan dan komitmen untuk secara tegas mematuhi Taiwan Relations Act (TAC)," ungkap juru bicara kantor kepresidenan Taiwan Alex Huang.

Proposal yang diumumkan pada Selasa (25/9) oleh Pentagon mencakup suku cadang untuk jet F-16, C-130, dan F-5 serta sistem pesawat lainnya.

"Penjualan yang ini akan berkontribusi pada kebijakan luar negeri dan keamanan nasional AS dengan membantu meningkatkan keamanan dan kemampuan defensif penerima, yang telah dan terus menjadi kekuatan penting bagi stabilitas politik, keseimbangan militer dan kemajuan ekonomi di kawaan itu," ungkap Badan Kerja Sama Pertahanan Pentagon dalam sebuah pernyataannya.