Korea Selatan: Indonesia konsisten soal perdamaian Semenanjung Korea

Indonesia tidak hanya menjalin persahabatan dengan Korea Selatan, namun juga hubungan bilateral dengan Korea Utara.

Duta Besar Diplomasi Publik Korea Selatan Bahk Sahng-hoon di Kantin Diplomasi Kemlu RI, Jakarta, pada Senin (15/10). Alinea.id/Soraya Novika

Indonesia dinilai turut memainkan peran dalam proses perdamaian di Semenanjung Korea. Pasalnya, Indonesia tidak hanya bersahabat baik dengan Korea Selatan, melainkan juga mempunyai hubungan bilateral dengan Korea Utara hingga lebih dari 50 tahun lamanya.

Duta Besar Diplomasi Publik Korea Selatan Bahk Sahng-hoon melihat posisi Indonesia selama ini sudah cukup konsisten dalam mendukung proses damai dua Korea.

"Pemerintahan Indonesia sangat konsisten dalam mendukung proses damai Semenanjung Korea selama ini. Meskipun memiliki hubungan diplomatik dengan Korea Utara namun sejak awal Korea Utara meluncurkan nuklir dan misil balistiknya, Indonesia senantiasa menentang hal tersebut. Saat ini, Indonesia juga senantiasa mendukung era perdamaian baru yang tengah diupayakan," ujar Bahk Sahng-hoon dalam acara Dialog Diplomasi Publik Indonesia-Korea di Kantin Diplomasi Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Senin (15/10).

Pemerintah Korea Selatan sangat mengapresiasi posisi Indonesia tersebut dan yakin Indonesia mampu memainkan perannya dengan baik dalam era perdamaian baru.

"Dalam hal itu kami sangat percaya bahwa Indonesia akan memainkan perannya dengan baik, terutama dalam menyampaikan pesan damai ini kepada Korea Utara, termasuk kepada komunitas internasional," imbuhnya.