Australia tingkatkan belanja di Pasifik demi menangkal pengaruh China

PM Morrison menegaskan tujuannya untuk mengembalikan Pasifik ke bagian depan dan tengah kebijakan luar negeri Australia.

Ilustrasi / Pixabay

Australia akan menggelontorkan puluhan miliar dollar sebagai dana pembangunan infrastruktur bagi negara-negara di Samudra Pasifik. Langkah ini dinilai merupakan upaya nyata untuk melawan pengaruh China di kawasan tersebut.

Kebijakan tersebut disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Scott Morrison. Dia menegaskan tujuannya untuk mengembalikan Pasifik ke bagian 'depan dan tengah' pandangan luar negeri Australia.

Negeri Kanguru akan menawarkan hingga 2 miliar dollar Australia dalam bentuk hibah dan pinjaman untuk memperkuat hubungan, ungkap Morrison.

Sementara itu, di Beijing, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan bahwa Tiongkok dan Australia bukanlah rival. Menurutnya kedua negara harus bekerja sama di Pasifik. Hal tersebut disampaikan Wang setelah bertemu dengan timpalannya Menteri Luar Negeri Marise Payne.

Hubungan antara China dan Australia tegang atas tuduhan campur tangan China dalam politik Australia dan kunjungan Payne ke Beijing telah dilihat sebagai upaya untuk menyelesaikan ketegangan.