Turki bagikan rekaman audio pembunuhan Khashoggi ke AS

Presiden Turki mengonfirmasi bahwa pihaknya membagikan rekaman audio pembunuhan Khashoggi ke sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat.

Aktivis HAM membawa gambar jurnalis Saudi Jamal Khashoggi saat aksi protes di depan Konsulate Saudi di Istanbul, Turki, Selasa (9/10). ANTARA FOTO/REUTERS/Osman Orsal

Pada Sabtu (10/11), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan telah membagikan rekaman suara terkait pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi ke sejumlah negara seperti Arab Saudi, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Prancis.

Berbicara sebelum kepergiannya untuk menghadiri peringatan Perang Dunia I di Paris, Erdogan mengatakan, "Kami telah menyebarkan rekaman-rekaman ini. Telah kami berikan pada Arab Saudi, Amerika Serikat, Jerman, Prancis, dan Inggris."

Namun, dia tak menguraikan lebih lanjut mengenai isi dari rekaman tersebut.

Konfirmasi Erdogan atas penyerahan rekaman terkait pembunuhan Khashoggi kepada sejumlah kekuatan dunia ini merupakan detail penting teranyar yang dibagikan Turki.

Pemberitahuan dari Turki ini dinilai dapat berfungsi sebagai tekanan diplomatik bagi Arab Saudi untuk menyediakan penjelasan lebih lanjut mengenai kasus pembunuhan Khashoggi.