73 tahun merdeka, India ingin tingkatkan kemitraan dengan Indonesia

Sama seperti Indonesia, Wakil Dubes India menyatakan, negaranya memegang prinsip persatuan dalam keberagaman.

Wakil Duta Besar India untuk Indonesia Prakash Gupta dalam perayaan Hari Kemerdekaan ke-73 India di Kedubes India, Jakarta, Kamis (15/8). Alinea.id/Valerie Dante

Dalam peringatan Hari Kemerdekaan ke-73 India, Wakil Duta Besar India untuk Indonesia Prakash Gupta berharap kedua negara dapat meningkatkan kemitraan strategis.

"Saya ingin kemitraan strategis Indonesia dan India menjadikan kedua pihak sebagai negara demokrasi paling hebat di dunia," kata Gupta dalam peringatan Hari Kemerdekaan India yang diselenggarakan di Kedutaan Besar India, Jakarta, pada Kamis (15/8).

Gupta berharap bahwa baik India maupun Indonesia dapat membawa pesan perdamaian, persatuan dan keragaman demi mendorong dan menjaga stabilitas di Asia Selatan.

"Sungguh suatu kehormatan dapat merayakan hari kemerdekaan kami di Indonesia," tuturnya. "Sama seperti Indonesia, India pun memegang prinsip persatuan dalam keberagaman."

Tahun ini, India-Indonesia juga merayakan peringatan 70 tahun hubungan diplomasi yang mulai terjalin sejak Juni 1949. Gupta menyebut, India dan Indonesia sepakat fokus meningkatkan kerja sama perdagangan bilateral serta menunjang konektivitas antarmasyarakat melalui pariwisata.