logo alinea.id logo alinea.id

73 tahun merdeka, India ingin tingkatkan kemitraan dengan Indonesia

Sama seperti Indonesia, Wakil Dubes India menyatakan, negaranya memegang prinsip persatuan dalam keberagaman.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 15 Agst 2019 13:05 WIB
73 tahun merdeka, India ingin tingkatkan kemitraan dengan Indonesia

Dalam peringatan Hari Kemerdekaan ke-73 India, Wakil Duta Besar India untuk Indonesia Prakash Gupta berharap kedua negara dapat meningkatkan kemitraan strategis.

"Saya ingin kemitraan strategis Indonesia dan India menjadikan kedua pihak sebagai negara demokrasi paling hebat di dunia," kata Gupta dalam peringatan Hari Kemerdekaan India yang diselenggarakan di Kedutaan Besar India, Jakarta, pada Kamis (15/8).

Gupta berharap bahwa baik India maupun Indonesia dapat membawa pesan perdamaian, persatuan dan keragaman demi mendorong dan menjaga stabilitas di Asia Selatan.

"Sungguh suatu kehormatan dapat merayakan hari kemerdekaan kami di Indonesia," tuturnya. "Sama seperti Indonesia, India pun memegang prinsip persatuan dalam keberagaman."

Tahun ini, India-Indonesia juga merayakan peringatan 70 tahun hubungan diplomasi yang mulai terjalin sejak Juni 1949. Gupta menyebut, India dan Indonesia sepakat fokus meningkatkan kerja sama perdagangan bilateral serta menunjang konektivitas antarmasyarakat melalui pariwisata.

"Selain itu, India dan Indonesia akan memperdalam pertukaran politik dan mengeratkan kolaborasi dalam bidang luar angkasa, ilmu pengetahuan dan teknologi," tambah dia.

Wadubes Gupta menekankan bahwa perayaan hari kemerdekaan harus dijadikan momentum untuk mengenang para pejuang kebebasan dan revolusioner yang telah berkorban demi memenangkan kebebasan India pada 1947.

"Kita juga tidak boleh lupa untuk berterima kasih kepada militer India yang telah melakukan segala upaya untuk mempertahankan kemerdekaan kita," kata Gupta.

Sponsored

Sebelum sambutannya, Wadubes Gupta membentangkan bendera nasional India dalam upacara perayaan Hari Kemerdekaan. Setelah itu, tamu undangan yang berasal komunitas India menyanyikan lagu kebangsaan. 

Perayaan Hari Kemerdekaan India dilanjutkan dengan pertunjukan budaya singkat yang menampilkan paduan suara dari empat sekolah India di Indonesia dan diikuti dengan penampilan tari para siswa dari Pusat Kebudayaan India Jawaharlal Nehru di Jakarta.